Selasa, 5 Oktober 2021 The Royal Swedish Academy of Sciences telah memutuskan untuk menganugerahkan Hadiah Nobel dalam Fisika 2021 setengah bagian bersama-sama kepada Syukuro Manabe (untuk kontribusi terobosan untuk pemahaman kita tentang sistem fisika yang kompleks), dan Klaus Hasselmann (untuk pemodelan fisika iklim Bumi, mengukur variabilitas dan memprediksi pemanasan global dengan handal) sementara setengah lainnya kepada Giorgio Parisi (untuk penemuan interaksi ketidakteraturan dan fluktuasi dalam sistem fisika dari skala atom ke planet).

Fisika untuk iklim dan fenomena kompleks lainnya

Tiga Pemenang berbagi Hadiah Nobel Fisika tahun ini untuk studi mereka tentang fenomena yang kacau dan tampaknya acak. Syukuro Manabe dan Klaus Hasselmann meletakkan dasar pengetahuan kita tentang iklim bumi dan bagaimana manusia mempengaruhinya. Giorgio Parisi dihargai atas kontribusi revolusionernya pada teori materi yang tidak teratur dan proses acak.

Sistem yang kompleks dicirikan oleh keacakan dan ketidakteraturan dan sulit untuk dipahami. Hadiah tahun ini mengakui metode baru untuk menggambarkan dan memprediksi perilaku jangka panjang.

Salah satu sistem kompleks yang sangat penting bagi umat manusia adalah iklim bumi. Syukuro Manabe mendemonstrasikan bagaimana peningkatan kadar karbon dioksida di atmosfer menyebabkan peningkatan suhu di permukaan bumi.

Pada 1960-an, ia memimpin pengembangan model fisika iklim bumi dan merupakan orang pertama yang mengeksplorasi interaksi antara keseimbangan radiasi dan transportasi vertikal massa udara. Karyanya meletakkan dasar bagi pengembangan model iklim saat ini.

Sekitar sepuluh tahun kemudian, Klaus Hasselmann menciptakan model yang menghubungkan cuaca dan iklim, sehingga menjawab pertanyaan mengapa model iklim dapat diandalkan meskipun cuaca berubah-ubah dan kacau.

Dia juga mengembangkan metode untuk mengidentifikasi sinyal spesifik, sidik jari, yang terjadi baik pada fenomena alam maupun aktivitas manusia dalam iklim. Metodenya telah digunakan untuk membuktikan bahwa peningkatan suhu di atmosfer disebabkan oleh emisi karbon dioksida dari manusia.

Sekitar tahun 1980, Giorgio Parisi menemukan pola tersembunyi dalam bahan kompleks yang tidak teratur. Penemuannya adalah salah satu kontribusi yang paling penting untuk teori sistem yang kompleks.

Mereka memungkinkan kita untuk memahami dan menggambarkan banyak materi dan fenomena yang berbeda dan tampaknya sepenuhnya acak, tidak hanya dalam fisika tetapi juga di bidang lain yang sangat berbeda, seperti matematika, biologi, ilmu saraf, dan pembelajaran mesin.

Penemuan yang diakui tahun ini menunjukkan bahwa pengetahuan kita tentang iklim bertumpu pada dasar ilmiah yang kuat, berdasarkan analisis pengamatan yang ketat. Pemenang tahun ini semuanya berkontribusi pada kita untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang sifat dan evolusi sistem fisika yang kompleks, kata Thors Hans Hansson, ketua Komite Nobel untuk Fisika.

Efek rumah kaca sangat penting bagi kehidupan

Dua ratus tahun yang lalu, fisikawan Prancis Joseph Fourier mempelajari keseimbangan energi antara radiasi matahari ke tanah dan radiasi dari tanah. Dia memahami peran atmosfer dalam keseimbangan ini di permukaan bumi, radiasi matahari yang masuk diubah menjadi radiasi keluar panas gelap (dark heat) yang diserap oleh atmosfer, sehingga memanaskannya.

Peran pelindung atmosfer sekarang disebut efek rumah kaca. Nama ini berasal dari kesamaannya dengan panel kaca rumah kaca, yang memungkinkan sinar matahari yang panas menembus, tetapi memerangkap panas di dalamnya. Namun, proses radiasi di atmosfer jauh lebih rumit.

Tugasnya tetap sama seperti yang dilakukan oleh Fourier – untuk menyelidiki keseimbangan antara radiasi matahari gelombang pendek yang datang ke planet kita dan radiasi inframerah gelombang panjang yang keluar dari Bumi.

Rinciannya ditambahkan oleh banyak ilmuwan iklim selama dua abad berikutnya. Model iklim kontemporer adalah alat yang sangat kuat, tidak hanya untuk memahami iklim, tetapi juga untuk memahami pemanasan global yang menjadi tanggung jawab manusia.

Model ini didasarkan pada hukum fisika dan dikembangkan dari model yang digunakan untuk memprediksi cuaca. Cuaca digambarkan oleh kuantitas meteorologi seperti suhu, curah hujan, angin atau awan, dan dipengaruhi oleh apa yang terjadi di lautan dan di darat.

Model iklim didasarkan pada perhitungan properti statistik cuaca, seperti nilai rata-rata, standar deviasi, nilai terukur tertinggi dan terendah, dan sebagainya. Mereka tidak dapat memberi tahu kami bagaimana cuaca di Stockholm pada 10 Desember tahun depan, tetapi kami dapat memperoleh gambaran tentang suhu atau curah hujan rata-rata yang dapat kami harapkan di Stockholm pada bulan Desember.

Menetapkan peran karbon dioksida

Efek rumah kaca sangat penting bagi kehidupan di Bumi. Ini mengatur suhu karena gas rumah kaca di atmosfer – karbon dioksida, metana, uap air dan gas lainnya – pertama-tama menyerap radiasi inframerah bumi dan kemudian melepaskan energi yang diserap ini, memanaskan udara di sekitarnya dan tanah di bawahnya.

Gas rumah kaca sebenarnya terdiri dari proporsi yang sangat kecil dari atmosfer kering bumi, yang sebagian besar adalah nitrogen dan oksigen ini adalah 99 persen volume. Karbon dioksida hanya 0,04 persen volume. Gas rumah kaca yang paling kuat adalah uap air, tetapi kita tidak dapat mengontrol konsentrasi uap air di atmosfer, sementara kita dapat mengontrol konsentrasi karbon dioksida.

Jumlah uap air di atmosfer sangat tergantung pada suhu, yang mengarah ke mekanisme umpan balik. Lebih banyak karbon dioksida di atmosfer membuatnya lebih hangat, memungkinkan lebih banyak uap air tertahan di udara, yang meningkatkan efek rumah kaca dan membuat suhu naik lebih jauh. Jika kadar karbon dioksida turun, sebagian uap air akan mengembun dan suhu akan turun.

Potongan teka-teki pertama yang penting tentang dampak karbon dioksida datang dari peneliti Swedia dan Peraih Nobel Svante Arrhenius. Kebetulan, rekannya, ahli meteorologi Nils Ekholm, pada tahun 1901, adalah orang pertama yang menggunakan kata rumah kaca dalam menggambarkan penyimpanan atmosfer dan radiasi ulang panas.

Arrhenius memahami fisika yang bertanggung jawab atas efek rumah kaca pada akhir abad ke-19 – bahwa radiasi yang keluar sebanding dengan suhu mutlak radiasi (T) dengan pangkat empat (T⁴). Semakin panas sumber radiasi, semakin pendek panjang gelombang sinar. Matahari memiliki suhu permukaan 6.000 o C dan terutama memancarkan sinar dalam spektrum yang terlihat. Bumi, dengan suhu permukaan hanya 15 o C, memancarkan kembali radiasi infra merah yang tidak terlihat oleh kita. Jika atmosfer tidak menyerap radiasi ini, suhu permukaan hampir tidak akan melebihi -18 o C.

Arrhenius sebenarnya mencoba mencari tahu apa yang menyebabkan fenomena zaman es yang baru ditemukan. Dia sampai pada kesimpulan bahwa jika tingkat karbon dioksida di atmosfer berkurang setengahnya, ini akan cukup bagi Bumi untuk memasuki zaman es baru. Dan sebaliknya menggandakan jumlah karbon dioksida akan meningkatkan suhu sebesar 5 - 6 o C, hasil yang, secara kebetulan, sangat mendekati perkiraan saat ini.

Model perintis untuk efek karbon dioksida

Pada 1950-an, fisikawan atmosfer Jepang Syukuro Manabe adalah salah satu peneliti muda dan berbakat di Tokyo yang meninggalkan Jepang, yang telah hancur karena perang, dan melanjutkan karir mereka di AS. Tujuan penelitian Manabe, seperti penelitian Arrhenius sekitar tujuh puluh tahun sebelumnya, adalah untuk memahami bagaimana peningkatan kadar karbon dioksida dapat menyebabkan peningkatan suhu. Sementara, Arrhenius berfokus pada keseimbangan radiasi, pada 1960-an Manabe memimpin pengembangan model fisika untuk menggabungkan transportasi vertikal massa udara karena konveksi, serta panas laten uap air.

Untuk membuat perhitungan ini dapat dikelola, ia memilih untuk mengurangi model menjadi satu dimensi – kolom vertikal, 40 kilometer ke atas ke atmosfer. Meski begitu, butuh ratusan jam komputasi yang berharga untuk menguji model dengan memvariasikan tingkat gas di atmosfer. Oksigen dan nitrogen memiliki efek yang dapat diabaikan pada suhu permukaan, sementara karbon dioksida memiliki dampak yang jelas: ketika tingkat karbon dioksida dua kali lipat, suhu global meningkat lebih dari 2 o C.

Gambar 1.
Model iklim Manabe Karbon dioksida memanaskan atmosfer[1]

Model tersebut mengkonfirmasi bahwa pemanasan ini benar-benar disebabkan oleh peningkatan karbon dioksida (CO2), karena memprediksikan kenaikan suhu lebih dekat ke tanah sementara atmosfer bagian atas menjadi lebih dingin. Jika variasi radiasi matahari bertanggung jawab atas peningkatan suhu, maka seluruh atmosfer seharusnya memanas pada waktu yang sama.

Enam puluh tahun yang lalu, komputer ratusan ribu kali lebih lambat daripada sekarang, jadi model ini relatif sederhana, tetapi Manabe memiliki fitur utama dengan benar. Anda harus selalu menyederhanakan, katanya. Anda tidak dapat bersaing dengan kompleksitas alam ada begitu banyak fisika yang terlibat dalam setiap tetesan hujan sehingga tidak mungkin untuk menghitung semuanya secara mutlak.

Wawasan dari model satu dimensi mengarah ke model iklim dalam tiga dimensi, yang diterbitkan Manabe pada tahun 1975, ini adalah tonggak sejarah lain dalam perjalanan untuk memahami rahasia iklim.

Cuaca kacau

Sekitar sepuluh tahun setelah Manabe, Klaus Hasselmann berhasil menghubungkan cuaca dan iklim dengan menemukan cara untuk mengakali perubahan cuaca yang cepat dan kacau yang begitu merepotkan perhitungan. Planet kita mengalami perubahan cuaca yang besar karena radiasi matahari tidak terdistribusi secara merata, baik secara geografis maupun dari waktu ke waktu.

Bumi itu bulat, jadi lebih sedikit sinar matahari yang mencapai garis lintang yang lebih tinggi daripada garis lintang yang lebih rendah di sekitar Khatulistiwa. Tidak hanya itu, tetapi sumbu bumi dimiringkan, menghasilkan perbedaan musiman dalam radiasi yang masuk.

Perbedaan kepadatan antara udara yang lebih hangat dan lebih dingin menyebabkan perpindahan panas yang sangat besar antara garis lintang yang berbeda, antara laut dan daratan, antara massa udara yang lebih tinggi dan lebih rendah, yang mendorong cuaca di planet kita.

Seperti yang kita semua tahu, membuat prediksi yang andal tentang cuaca selama lebih dari sepuluh hari ke depan adalah sebuah tantangan. Dua ratus tahun yang lalu, ilmuwan Prancis terkenal, Pierre-Simon de Laplace, menyatakan bahwa jika kita hanya mengetahui posisi dan kecepatan semua partikel di alam semesta, seharusnya mungkin untuk menghitung apa yang telah terjadi dan apa yang akan terjadi di alam semesta kita ini. Pada prinsipnya, ini harus benar - Hukum gerak Newton yang berusia tiga abad - yang juga menjelaskan transportasi udara di atmosfer, sepenuhnya bersifat deterministik – tidak diatur secara kebetulan.

Namun, tidak ada yang lebih salah dalam hal cuaca. Ini sebagian karena, dalam praktiknya, tidak mungkin cukup tepat – untuk menyatakan suhu udara, tekanan, kelembaban atau kondisi angin untuk setiap titik di atmosfer. Juga, persamaannya nonlinier; penyimpangan kecil dalam nilai awal dapat membuat sistem cuaca berkembang dengan cara yang sama sekali berbeda.

Berdasarkan pertanyaan apakah kupu-kupu yang mengepakkan sayapnya di Brasil dapat menyebabkan angin puting beliung di Texas, fenomena tersebut dinamakan efek kupu-kupu (butterfly effect). Dalam praktiknya, ini berarti tidak mungkin menghasilkan prakiraan cuaca jangka panjang – cuacanya kacau; penemuan ini dibuat pada 1960-an oleh ahli meteorologi Amerika Edward Lorenz, yang meletakkan dasar teori chaos saat ini.

Memahami data yang bising

Bagaimana kita bisa menghasilkan model iklim yang andal selama beberapa dekade atau ratusan tahun ke depan, meskipun cuaca menjadi contoh klasik dari sistem yang kacau?

Sekitar tahun 1980, Klaus Hasselmann menunjukkan bagaimana fenomena cuaca yang berubah secara kacau dapat digambarkan sebagai kebisingan yang berubah dengan cepat, sehingga menempatkan prakiraan iklim jangka panjang di atas landasan ilmiah yang kuat. Selanjutnya, ia mengembangkan metode untuk mengidentifikasi dampak manusia pada suhu global yang diamati.

Sebagai mahasiswa doktoral fisika muda di Hamburg, Jerman, pada 1950-an, Hasselmann bekerja pada dinamika fluida, kemudian mulai mengembangkan pengamatan dan model teoretis untuk gelombang dan arus laut. Dia pindah ke California dan melanjutkan dengan oseanografi, bertemu rekan-rekan seperti Charles David Keeling, yang mana keluarga Hasselmann memulai paduan suara madrigal.

Keeling memulai kembali pada tahun 1958, apa yang sekarang merupakan rangkaian terpanjang pengukuran karbon dioksida atmosfer di Observatorium Mauna Loa di Hawaii. Sedikit yang Hasselmann tahu bahwa dalam karyanya kemudian dia akan secara teratur menggunakan Kurva Keeling, yang menunjukkan perubahan tingkat karbon dioksida.

Memperoleh model iklim dari data cuaca yang bising dapat diilustrasikan dengan mengajak anjing berjalan-jalan: anjing berlari dari depan, ke belakang dan ke depan, dari sisi ke sisi dan di sekitar kaki Anda.

• Bagaimana Anda bisa menggunakan jejak anjing untuk melihat apakah Anda berjalan atau berdiri diam?
  • Atau apakah Anda berjalan cepat atau lambat? Jejak anjing adalah perubahan cuaca, dan perjalanan Anda adalah iklim yang diperhitungkan.
  • Apakah mungkin untuk menarik kesimpulan tentang tren jangka panjang dalam iklim menggunakan data cuaca yang kacau dan berisik?

Satu kesulitan tambahan adalah bahwa fluktuasi yang mempengaruhi iklim sangat bervariasi dari waktu ke waktu – fluktuasi tersebut mungkin cepat, seperti kekuatan angin atau suhu udara, atau sangat lambat, seperti pencairan lapisan es dan pemanasan lautan.

Misalnya, pemanasan seragam hanya dengan satu derajat dapat memakan waktu seribu tahun untuk lautan, tetapi hanya beberapa minggu untuk atmosfer. Trik yang menentukan adalah menggabungkan perubahan cuaca yang cepat ke dalam perhitungan sebagai kebisingan, dan menunjukkan bagaimana kebisingan ini mempengaruhi iklim.

Hasselmann menciptakan model iklim stokastik, yang berarti bahwa peluang dibangun ke dalam model. Inspirasinya datang dari teori gerak Brown dari Albert Einstein , yang juga disebut jalan acak. Dengan menggunakan teori ini, Hasselmann menunjukkan bahwa atmosfer yang berubah dengan cepat sebenarnya dapat menyebabkan variasi yang lambat di lautan.

Jejak yang jelas dari dampak manusia

Setelah model untuk variasi iklim selesai, Hasselmann mengembangkan metode untuk mengidentifikasi dampak manusia pada sistem iklim. Dia menemukan bahwa model, bersama dengan pengamatan dan pertimbangan teoretis, berisi informasi yang memadai tentang sifat-sifat kebisingan dan sinyal.

Misalnya, perubahan radiasi matahari, partikel vulkanik atau tingkat gas rumah kaca meninggalkan sinyal unik, sidik jari, yang dapat dipisahkan. Metode untuk mengidentifikasi sidik jari ini juga dapat diterapkan pada efek yang dimiliki manusia terhadap sistem iklim. Hasselman dengan demikian membuka jalan untuk studi lebih lanjut tentang perubahan iklim, yang telah menunjukkan jejak dampak manusia pada iklim menggunakan sejumlah besar pengamatan independen.

Model iklim menjadi semakin disempurnakan karena proses yang termasuk dalam interaksi rumit iklim dipetakan secara lebih menyeluruh, paling tidak melalui pengukuran satelit dan pengamatan cuaca. Model dengan jelas menunjukkan percepatan efek rumah kaca; sejak pertengahan abad ke-19, kadar karbon dioksida di atmosfer telah meningkat sebesar 40 persen. Atmosfer bumi tidak mengandung karbon dioksida sebanyak ini selama ratusan ribu tahun. Dengan demikian, pengukuran suhu menunjukkan bahwa dunia telah memanas 1 o C selama 150 tahun terakhir.

Syukuro Manabe dan Klaus Hasselmann telah berkontribusi memberikan manfaat terbesar bagi umat manusia, dalam semangat Alfred Nobel, dengan memberikan landasan fisika yang kokoh bagi pengetahuan kita tentang iklim Bumi. Kita tidak bisa lagi mengatakan bahwa kita tidak tahu model iklimnya tegas.

• Apakah Bumi memanas? Ya.
  • Apakah penyebab meningkatnya jumlah gas rumah kaca di atmosfer? Ya.
  • Bisakah ini dijelaskan hanya oleh faktor alam? Tidak.
  • Apakah emisi manusia menjadi penyebab meningkatnya suhu? Ya.

Gambar 2. Mengidentifikasi sidik jari di iklim[2]

Sekitar tahun 1980, Giorgio Parisi mempresentasikan penemuannya tentang bagaimana fenomena yang tampaknya acak diatur oleh aturan tersembunyi. Karyanya sekarang dianggap sebagai salah satu kontribusi terpenting bagi teori sistem kompleks.

Studi modern tentang sistem kompleks berakar pada mekanika statistik yang dikembangkan pada paruh kedua abad ke-19 oleh James C. Maxwell, Ludwig Boltzmann dan J. Willard Gibbs, yang menamai bidang ini pada tahun 1884. Mekanika statistik berevolusi dari wawasan bahwa jenis metode diperlukan untuk menggambarkan sistem, seperti gas atau cairan, yang terdiri dari sejumlah besar partikel.

Metode ini harus memperhitungkan pergerakan acak partikel, jadi ide dasarnya adalah menghitung efek rata-rata partikel daripada mempelajari setiap partikel satu per satu. Misalnya, suhu dalam gas adalah ukuran nilai rata-rata energi partikel gas. Mekanika statistik adalah sukses besar, karena memberikan penjelasan mikroskopis untuk sifat makroskopik dalam gas dan cairan, seperti suhu dan tekanan.

Partikel dalam gas dapat dianggap sebagai bola kecil, terbang dengan kecepatan yang meningkat dengan suhu yang lebih tinggi. Ketika suhu turun, atau tekanan meningkat, bola pertama-tama mengembun menjadi cairan dan kemudian menjadi padat. Padatan ini sering berupa kristal, di mana bola-bola diatur dalam pola yang teratur.

Namun, jika perubahan ini terjadi dengan cepat, bola dapat membentuk pola tidak beraturan yang tidak berubah bahkan jika cairan didinginkan lebih lanjut atau diperas bersama. Jika percobaan diulangi, bola akan mengambil pola baru, meskipun perubahan terjadi dengan cara yang persis sama. Mengapa hasilnya berbeda?

Matematika untuk sistem tak teratur kompleks

Gambar 3. Memahami kompleksitas

Bola terkompresi ini adalah model sederhana untuk kaca biasa dan untuk bahan granular, seperti pasir atau kerikil. Namun, subjek karya asli Parisi adalah jenis sistem yang berbeda – kaca pemintal.

Ini adalah jenis paduan logam khusus di mana atom besi, misalnya, dicampur secara acak ke dalam kisi atom tembaga. Meskipun hanya ada beberapa atom besi, mereka mengubah sifat magnetik material secara radikal dan sangat membingungkan.

Setiap atom besi berperilaku seperti magnet kecil, atau spin, yang dipengaruhi oleh atom besi lain yang dekat dengannya. Dalam magnet biasa, semua putaran menunjuk ke arah yang sama, tetapi dalam kaca berputar mereka frustrasi; beberapa pasangan putaran ingin menunjuk ke arah yang sama dan yang lainnya ke arah yang berlawanan – jadi bagaimana mereka menemukan orientasi yang optimal?

Dalam pengantar bukunya tentang spin glass, Parisi menulis bahwa mempelajari spin glass seperti menonton tragedi manusia dalam drama Shakespeare. Jika Anda ingin berteman dengan dua orang sekaligus, tetapi mereka saling membenci, itu bisa membuat frustrasi. Ini bahkan lebih terjadi dalam tragedi klasik, di mana teman dan musuh yang sangat emosional bertemu di atas panggung. Bagaimana ketegangan di dalam ruangan dapat diminimalkan?

Frustrasi

Spin kaca dan sifat eksotisnya menyediakan model untuk sistem yang kompleks. Pada 1970-an, banyak fisikawan, termasuk beberapa Peraih Nobel, mencari cara untuk menggambarkan kaca berputar yang misterius dan membuat frustrasi. Salah satu metode yang mereka gunakan adalah trik replika, teknik matematika di mana banyak salinan, replika, sistem diproses pada waktu yang sama. Namun, dalam hal fisika, hasil perhitungan aslinya tidak layak.

Pada tahun 1979, Parisi membuat terobosan yang menentukan ketika dia mendemonstrasikan bagaimana trik replika dapat digunakan secara cerdik untuk memecahkan masalah kaca berputar. Dia menemukan struktur tersembunyi di replika, dan menemukan cara untuk menggambarkannya secara matematis. Butuh bertahun-tahun agar solusi Parisi terbukti benar secara matematis. Sejak itu, metodenya telah digunakan di banyak sistem yang tidak teratur dan menjadi landasan teori sistem yang kompleks.

Spin kaca

Gambar 4. Buah dari frustrasi banyak dan beragam.

Baik spin kaca maupun material granular adalah contoh dari sistem yang frustrasi, di mana berbagai konstituen harus mengatur diri mereka sendiri dengan cara yang merupakan kompromi antara kekuatan yang melawan. Pertanyaannya adalah bagaimana mereka berperilaku dan apa hasilnya?

Parisi adalah ahli dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan ini untuk banyak materi dan fenomena yang berbeda. Penemuan mendasarnya tentang struktur kacamata berputar begitu dalam sehingga tidak hanya memengaruhi fisika, tetapi juga matematika, biologi, ilmu saraf, dan pembelajaran mesin, karena semua bidang ini mencakup masalah yang berhubungan langsung dengan frustrasi.

Parisi juga telah mempelajari banyak fenomena lain di mana proses acak memainkan peran yang menentukan dalam bagaimana struktur diciptakan dan bagaimana mereka berkembang, dan menjawab pertanyaan seperti:

• Mengapa zaman es berulang secara berkala?
  • Apakah ada deskripsi matematis yang lebih umum tentang sistem chaos dan turbulen?
  • Atau – bagaimana pola muncul dalam gumaman ribuan burung jalak?

Pertanyaan ini mungkin tampak jauh dari spin kaca. Namun, Parisi mengatakan bahwa sebagian besar penelitiannya telah membahas bagaimana perilaku sederhana menimbulkan perilaku kolektif yang kompleks, dan ini berlaku untuk kacamata pemintal dan burung jalak.

CATATAN

Syukuro Manabe, lahir 21 September 1931 di Shingu, Ehime Prefecture, Jepang. Meraih gelar Ph.D. tahun 1957 dari Universitas Tokyo, Jepang. Saat ini merupakan Ahli Meteorologi Senior di Universitas Princeton, AS.

Klaus Hasselmann, lahir 25 Oktober 1931 di Hamburg, Jerman. Meraih gelar Ph.D. tahun 1957 dari Universitas Göttingen, Jerman. Saat ini merupakan Profesor, Institut Meteorologi Max Planck, Hamburg, Jerman.

Giorgio Parisi, lahir 4 Agustus 1948 di Roma, Italia. Meraih gelar Ph.D. tahun 1970 dari Universitas Sapienza Roma, Italia. Saat ini merupakan Profesor di Universitas Sapienza Roma, Italia

Daftar Pustaka

1. ^ Manabe and Wetherald (1967) Thermal equilibrium of the atmosphere with a given distribution of relative humidity, Journal of the atmospheric sciences, Vol. 24, Nr 3, May.
  2. ^ Hegerl and Zweirs (2011) Use of models in detection & attribution of climate change, WIREs Climate Change.