Produk Kelas 10-11-12 SMA Kurikulum 2013 (semester)

Berikut ini contoh video pelajaran Matematika Kelas 12 SMA

Detail Materi

Pada tabel periodik bentuk panjang, juga dikenal istilah periode dan golongan. Penyusunan unsur dengan arah mendatar ke kanan disebut periode, sedangkan penyusunan unsur dengan arah ke bawah disebut golongan. Tabel periodik bentuk panjang terdiri atas 7 periode dan 8 golongan. Adapun tampilan fisik tabel Sistem Periodik Modern, adalah sebagai berikut : Periode dibedakan menjadi periode pendek dan periode panjang, sedangkan golongan dibedakan menjadi golongan A (golongan utama) dan golongan B (golongan transisi). Periode pendek mencakup periode 1 (terdiri dari 2 unsur), periode 2 (terdiri dari 8 unsur) dan periode 3 (terdiri dari 8 unsur). Sedangkan periode panjang mencakup periode 4 sampai dengan periode 7.

Golongan dan periode dapat ditentukan dengan cara menuliskan konfigurasi elektron. Konfigurasi elektron adalah penataan elektron dalam atom yang ditentukan berdasarkan jumlah elektron.

Pada konfigurasi elektron, jumlah elektron valensi menunjukkan nomor golongan, sedangkan jumlah kulit yang sudah terisi elektron (n terbesar) menunjukkan periode.

pH adalah derajat keasaman yang digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman atau kebasaan yang dimiliki oleh suatu larutan. Ia didefinisikan sebagai logaritma aktivitas ion hidrogen (H+) yang terlarut. Koefisien aktivitas ion hidrogen tidak dapat diukur secara eksperimental, sehingga nilainya didasarkan pada perhitungan teoritis. Skala pH bukanlah skala absolut. Ia bersifat relatif terhadap sekumpulan larutan standar yang pH-nya ditentukan berdasarkan persetujuan internasional.

pH adalah tingkat keasaman atau kebasaan suatu benda yang diukur dengan menggunakan skala pH antara 0 hingga 14. Sifat asam mempunyai pH antara 0 hingga 7 dan sifat basa mempunyai nilai pH 7 hingga 14

 

Ke dalam 5 L larutan NaOH yang pH nya 12 – log 5 dialirkan gas hidrogen klorida (P,T) hingga pH larutan menjadi 2 + log 2.

Berapa mL gas HCl telah dialirkan? Diketahui massa 5 L gas NO (P,T) = 6 g.

 

Suatu polimer adalah rantai berulang dari atom yang panjang, terbentuk dari pengikat yang berupa molekul identik yang disebut monomer. Sekalipun biasanya merupakan organik (memiliki rantai karbon), ada juga banyak polimer inorganik. Contoh terkenal dari polimer adalah plastik dan DNA.

Polimer didefinisikan sebagai substansi yang terdiri dari molekul-molekul yang menyertakan rangkaian satu atau lebih dari satu unit monomer. Manusia sudah berabad-abad menggunakan polimer dalam bentuk minyak, aspal, damar, dan permen karet. Tapi industri polimer modern baru mulai berkembang pada masa revolusi industri. Di akhir 1830-an, Charles Goodyear berhasil memproduksi sebentuk karet alami yang berguna melalui proses yang dikenal sebagai “vulkanisasi”. 40 tahun kemudian, Celluloid (sebentuk plastik keras dari nitrocellulose) berhasil dikomersialisasikan. Adalah diperkenalkannya vinyl, neoprene, polystyrene, dan nilon pada tahun 1930-an yang memulai ‘ledakan’ dalam penelitian polimer yang masih berlangsung sampai sekarang.

Ada dua besaran penting dalam fluida yaitu massa jenis (ρ) dan tekanan hidrostatik (Ph). Besar massa jenis suatu zat adalah unik dan bisa dibandingkan dengan massa jenis air (massa jenis ini dikenal massa jenis relatif). Sementara besar tekanan hidrostatik yang dialami suatu titik bergantung kedalaman titik tersebut diukur dari permukaan fluida.

Dalam matematika, polinomial atau suku banyak  adalah pernyataan matematika yang melibatkan jumlahan perkalian pangkat dalam satu atau lebih variabel dengan koefisien.

Pada Bab Suhu dibahas pemuaian suatu zat apabila mengalami perubahan suhu. Pada kehidupan sehari - hari, apabila kita memanaskan suatu zat cair, bisa saja zat cair tersebut tumpah keluar dari wadahnya pada kenaikan suhu tertentu. Pada video berikut dibahas contoh soal zat cair yang tumpah dari wadahnya saat mengalami kenaikan suhu.

Contoh Soal :

Sebuah bejana baja 4,00 L, 95,0 % volumnya diisi alkohol. Jika suhu awal bejana 0,000C dan bejana ini dipanasi sampai 70,0 0C, berapakah volume alkohol yang tumpah? Koefisien muai panjang baja = 0,000 0110/0C dan koefisien muai alkohol = 0,00100 /0C.

Ada tiga wujud suatu zat yang umumnya dikenal padat, cair dan gas. Perubahan wujud dari padat ke cair dan dari cair ke gas senantiasa membutuhkan kalor. Perubahan wujud dari padat ke cair disebut mencair (melting). Dan perubahan wujud dari cair ke gas disebut menguap (vaporization). Sementara, perubahan wujud dari cair ke padat dan dari gas ke cair senantiasa melepas kalor. Perubahan wujud dari cair ke padat disebut membeku (freezing). Dan perubahan wujud dari gas ke cair disebut mengembun (destilation).

Persamaan linear-Kuadrat adalah persamaan yang mengandung variabel dengan pangkat tertinggi 1 dan persamaan Kuadrat.

Contoh sistem persamaan linear-Kuadrat dua variabel :

 

\(y=2x+3\)

\(y =x^2-3x+4\)

 

Lebih jelasnya perhatikan contoh soal berikut :

Sebuah bilangan terdiri dari 2 angka. Jika angkanya ditukar maka selisih bilangan itu dengan bilangan yang angkanya ditukar adalah 27. Sedangkan jumlah kuadrat angka – angkanya adalah 29. Tentukan bilangan yang dimaksud!

Lapisan Ozon adalah lapisan di atmosfer pada ketinggian 19 – 48 km (12 - 30 mil) di atas permukaan Bumi yang mengandung molekul-molekul ozon. Konsentrasi ozon di lapisan ini mencapai 10 ppm dan terbentuk akibat pengaruh sinar ultraviolet Matahari terhadap molekul-molekul oksigen. Peristiwa ini telah terjadi sejak berjuta-juta tahun yang lalu, tetapi campuran molekul-molekul nitrogen yang muncul di atmosfer menjaga konsentrasi ozon relatif stabil.

Pada gelombang stasioner ujung bebas mulanya ada seutas tali yang terhubung sebuah cincin di salah satu ujungnya. Apabila ujung yang lain digetarkan maka ujung yang terhubung dengan cincin tadi bisa dapat bebas bergerak. Berikut ini penjelasan soal berkaitan dengan jarak suatu simpul gelombang stasioner ujung bebas dari titik asal getaran.

 

Contoh soal

Bila ada seutas dawai yang panjangnya 75 cm digetarkan harmonik naik turun pada salah satu ujungnya sedangkan ujung yang lainnya bebas bergerak. Jika perut ke-5 berjarak 25 cm dari titik asal getaran, menurut kamu, berapa jarak simpul ketiga dari titik asal getaran?

Bermula dari kegagalan model atom Rutherford dalam menjelaskan dua hal yang paling mendasar pada atom. Pertama tentang kestabilan atom, jika e- bermuatan (-) dan inti bermuatan (+) harusnya saling tarik-menarik sesuai dengan Hukum Coulomb. Kedua tentang spektrum garis atom Hidrogen jika lintasan e- mengecil maka frekuensi gelombang yang dipancarkan harusnya bermacam - macam dan berupa spektrum kontinu.

Kemudian pada tahun 1913 Niels Bohr mencoba mendeskripsikan model atom yang lebih nyata. Bohr mengemukakan tiga gagasan. Pertama, elektron tidak dapat berputar di sekitar inti melalui tiap orbit tapi hanya orbit tertentu (tanpa membebaskan energi). Kedua, orbit yang boleh ditempati e- adalah orbit yang momentum sudutnya kelipatan dari ℏ = h/2π. Berikut ini dibahas soal berkaitan dengan model atom Bohr.

Contoh Soal

Gambarkan atom berikut dalam model Bohr dan sub kulit
a.  7Li3
b.  4He2+

Agar terjadi suatu reaksi inti harus memenuhi empat syarat minimal. Pertama, memenuhi  Hukum Kekekalan Momentum yaitu total momentum sebelum reaksi harus sama dengan total momentum sesudah reaksi. Kedua, memenuhi  Hukum Kekekalan Energi yaitu total energi sebelum reaksi harus sama dengan total energi sesudah reaksi. Dengan demikian, jika kedua syarat ini terpenuhi maka otomatis pada reaksi inti tumbukan yang terjadi merupakan jenis tumbukan elastik sempurna. Ketiga, memenuhi kekekalan nomor atom artinya jumlah proton sebelum reaksi harus sama dengan jumlah proton sesudah reaksi atau jumlah elektron sebelum reaksi harus sama dengan jumlah elektron sesudah reaksi. Keempat, memenuhi kekekalan nomor atom artinya jumlah nukleon sebelum reaksi harus sama dengan jumlah nukleon sesudah reaksi atau jumlah (proton + neutron) sebelum reaksi harus sama dengan jumlah (proton + neutron) sesudah reaksi. Berikut ini dibahas soal berkaitan dengan reaksi inti.

Contoh Soal

Lengkapi persamaan inti berikut ini :

3H13He2 + . . .

Pada video ini dibahas dua hal yaitu Energi Terbarukan dan Tak Terbarukan. Contoh sumber energi terbarukan antara lain panas bumi, matahari, angin, air, laut dan biomassa. Sementara contoh sumber energi terbarukan antara lain batu bara, minyak bumi, gas alam dan nuklir.

Adapun yang akan dipelajari dalam Bab Dimensi Tiga, antara lain :

1. Kedudukan titik dan garis dalam ruang

Aksioma : Melalui dua titik tertentu hanya  dapat dibuat sebuah garis tertentu

2. Kedudukan titik dan bidang dalam ruang

Aksioma : melalui tiga titik yang tidak segaris hanya dapat dibuat sebuah bidang

3. Kedudukan dua garis dalam ruang

4. Kedudukan garis dan bidang dalam ruang

5. Kedudukan dua bidang dalam ruang

6. Sudut antara dua bidang

7. Sudut antara garis dan bidang

 

BAB 10 EFEK PEMANASAN GLOBAL (lapisan ozon)

Lapisan Ozon adalah lapisan di atmosfer pada ketinggian 19 – 48 km (12 - 30 mil) di atas permukaan Bumi yang mengandung molekul-molekul ozon. Konsentrasi ozon di lapisan ini mencapai 10 ppm dan terbentuk akibat pengaruh sinar ultraviolet Matahari terhadap molekul-molekul oksigen. Peristiwa ini telah terjadi sejak berjuta-juta tahun yang lalu, tetapi campuran molekul-molekul nitrogen yang muncul di atmosfer menjaga konsentrasi ozon relatif stabil.

 

Head Office

Alamat lengkap kantor pusat kami

 Jl. Telaga Murni 1, Ruko Danau Sunter Mas No. D3 & D5, Sunter Jaya, Tanjung Priok - Jakarta Utara

 (021) 2265 2392/94 ext 100 WA 0878 8361 3000

 Fax. (021) 6531 3626

Our Testimonial

Apa kata mereka tentang seratus institute

seratusinstitute.com adalah suatu website yang sangat bermanfaat terutama buat kami para pelajar karena dapat belajar matematika, fisika, kimia dimanapun dan kapanpun. Juga karena terdapat video belajar yang dapat dilihat berulang-ulang sehingga kami dapat mengingat pelajaran dengan baik

Raisa Riupassa

Kelas 10 - SMA Santa Ursula, Bsd

Our Social Media

Gabung dan ikuti social media kami

TOP