Produk Kelas 7-8-9 SMP Kurikulum 2013 (tahun)

Berikut ini contoh video pelajaran Matematika Kelas 8 SMP

Detail Materi

Neraca adalah suatu alat untuk mengukur massa benda. Massa adalah banyaknya zat yang terkandung di dalam suatu benda. Satuan SI-nya adalah kilogram (kg). Untuk mengukur massa benda dapat digunakan neraca atau timbangan.
 

Contoh Soal :

Hitunglah hasil pengukuran dari neraca tiga lengan berikut ini!

Unsur didefinisikan sebagai zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat-zat lain yang lebih sederhana dengan reaksi kimia biasa. Sedangkan senyawa adalah zat-zat yang tersusun atas dua unsur atau lebih yang bergabung secara kimia dengan perbandingan massa tertentu.

Lambang unsur yang sekarang digunakan adalah seperti yang diusulkan oleh Jons Jacob Berzelius pada tahun 1813. Cara penulisan unsur tersebut dengan ketentuan diambil huruf pertama dari nama unsur dan ditulis dengan huruf kapital. Apabila ada dua unsur yang huruf depannya sama, maka unsur yang lain tadi selain memakai huruf pertama yang ditulis dengan huruf kapital diikuti salah satu huruf kecil yang terdapat dalam nama unsurnya.

Pada rumus kimia suatu senyawa tercantum lambang atom unsur-unsur yang membentuk senyawa itu, dan tiap lambang unsur diikuti oleh suatu angka yang menunjukkan jumlah atom unsur tersebut di dalam satu molekul senyawa.

 

Contoh Soal :

Sebutkan unsur-unsur dari senyawa berikut dan jumlah atom tiap unsurnya !

a. HClO3

b. Ba(OH)2

c. Al2O3

 

Pada video demo berikut akan membahas tentang aplikasi transformasi yaitu pengubinan.

Pengubinan / Tesselation adalah sebuah pola yang menutupi bidang datar dengan mentransformasi bangun yang sama atau kumpulan gambar sehingga tidak ada tumpang tindih atau tidak ada ruang yang kosong.

Dalam pengubinan, jumlah ukuran sudut polygon yang mengelilingi titik adalah 360o.

Contoh Soal :

Amir ingin membuat pola pengubinan berbentuk jajargenjang. Namun, Amir mempunyai ubin yang berbentuk segitiga sembarang. Bagaimana caranya Amir mengubah segitiga sembarang menjadi jajargenjang?

Penyajian data merupakan salah satu kegiatan dalam pembuatan laporan hasil penelitan yang telah dilakukan agar dapat dipahami dan dianalisis sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Data yang disajikan harus sederhana dan jelas agar muda dibaca.
Penyajian data juga dimaksudkan agar para pengamat dapat dengan mudah memahami apa yang kita sajikan untuk selanjutnya dilakukan penilaian atau perbandingan, dan lain-lain. 

Cara penyajian data ada tiga macam, yaitu :

  1. Narasi, yaitu penyajian data hasil penelitian dalam bentuk kalimat.
  2. Tabel, yaitu kumpulan angka-angka yang disusun menurut kategori-kategori. Misalnya berat badan menurut jenis kelamin, jumlah pegawai menurut pendidikan, jumlah penjualan menurut jenis barang dan daerah penjualan, dll.
  3. Grafik atau Diagram, yaitu gambar-gambar yang menunjukkan secara visual data berupa angka atau simbol-simbol yang biasanya dibuat berdasarkan data dari tabel yang telah dibuat.

 

Contoh Soal :

Gambar diagram batang dari data tentang nilai-nilai yang diperoleh 40 siswa dalam suatu ulangan dari tabel berikut adalah ...

Logaritma adalah operasi matematika yang merupakan kebalikan/invers dari eksponen atau pemangkatan. Rumus dasar logaritma: bc = a ditulis sebagai blog a = c (b disebut basis logaritma).

Contoh Soal :

Nyatakan dalam bentuk perpangkatan atau notasi logaritma :

 

Prisma adalah bangun ruang yang memiliki bidang alas dan bidang atas yang sejajar dan kongruen (sama), lalu sisi lainnya berbentuk jajar genjang atau persegi panjang yang tegak lurus ataupun tidak tegak lurus terhadap bidang alas dan bidang atasnya.

Volum prisma = luas alas \(\times \) tinggi

Luas permukaan prisma = 2 \(\times\) luas alas \(+\) keliling alas \(\times\) tinggi prisma

Pada contoh soal berikut akan dibahas mengenai volum prisma.

Contoh Soal :

Alas sebuah prisma berbentuk segi enam beraturan dengan sisi 10 cm. Bila tinggi prisma 12 cm, berapa volume prisma ?

 

Pada video demo berikut berisi bagan materi Perbandingan dan juga membahas definisi perbandingan.

Perbandingan adalah pernyataan matematika secara sederhana yang membandingkan dua besaran atau lebih, dan besaran-besaran tersebut harus memiliki satuan yang sama.

Secara umum dapat dinyatakan dengan :

a : b = a / b

Pada bab peluang ini akan dibahas mengenai peluang kejadian majemuk. Peluang kejadian majemuk adalah peluang dari dua kejadian atau lebih.

Untuk menghitung peluang kejadian majemuk adalah \(P(A \cup B) = P(A) + P(B) - P(A \cap B)\)

Kejadian majemuk yang dibahas pada materi ini adalah

  1. Kejadian saling lepas
  2. Kejadian saling bebas

Contoh Soal :

Dua buah dadu bermata 6 dilambungkan bersama-sama. Tentukan peluang munculnya mata dadu yang berjumlah 5 atau 8 ?

Pada video demo materi garis-garis segitiga berikut akan membahas contoh soal mengenai garis tinggi.

Garis Tinggi Segitiga adalah garis yang melalui salah satu titik sudut segitiga dan tegak lurus dengan sisi di depannya. Definisi garis tinggi dalam sebuah segitiga adalah garis lurus yang menghubungkan satu titik sudut ke sisi dihadapannya secara tegak lurus (membentuk sudut siku-siku). Perhatikan segitiga HIJ pada gambar. Garis HK adalah garis tinggi. Garis HK menghubungkan titik sudut H dengan sisi IJ pada titik K sedemikian hingga sudut HKI dan sudut HKJ tepat 90 derajat (sudut siku-siku/sudut tegak lurus).

Perhatikan gambar berikut :

Contoh Soal :

Dalam \(\triangle PQR\), panjang sisi PQ = 17 cm, QR = 10 cm, dan PR = 21 cm.

Hitunglah:

a. Luas \(\triangle PQR\)

b. Garis tinggi yang ditarik dari titik P

Pada video demo materi ini akan membahas soal mengenai jari-jari lingkaran garis singgung.

Lingkaran O menyinggung sisi DE, menyinggung garis BD (BD adalah perpanjangan sisi AD) dan menyinggung garis CE (CE adalah perpanjangan sisi AE). Titik pusat lingkaran berada diluar segitiga ADE. Titik pusat lingkaran singgung didapat dari perpotongan garis bagi dalam sudut A dan garis bagi luar sudut D dan sudut E. Pada sebuah segitiga terdapat tiga lingkaran singgung yaitu: menyinggung sisi AD, menyinggung sisi DE dan menyinggung sisi AE. Panjang jari – jari lingkaran singgung dapat ditentukan dengan cara menggunakan luas layang – layang ACOD, dimana jumlah luas ∆ADE,  ∆CEO,  ∆DEO,  dan ∆DBO sama dengan luas layang – layang ACOD.

Menghitung panjang jari-jari lingkaran yang menyinggung sisi DE pada gambar di atas dapat ditentukan dengan rumus sebagai berikut :

\(r_s = \frac {L}{s-DE}\)

dimana s adalah setengah keliling segitiga ADE.

Contoh Soal :

Panjang sisi-sisi sebuah segitiga adalah 20 cm, 34 cm, dan 42 cm. Hitunglah panjang jari-jari lingkaran yang menyinggung sisi 34 cm ?

Tuas atau pengungkit adalah salah satu pesawat sederhana yang digunakan untuk mengubah efek atau hasil dari suatu gaya. Hal ini dimungkinkan terjadi dengan adanya sebuah batang ungkit dengan titik tumpu (fulcrum), titik gaya (force), dan titik beban (load) yang divariasikan letaknya. Contoh penggunaan prinsip pengungkit adalah gunting, linggis, dan gunting kuku.

Persamaan dalam tuas dan keuntungan mekaniknya dapat ditulis sebagai berikut :

	extup{Keuntungan Mekanik} =frac{W}{F}=frac{L_{kuasa}}{L_{beban}}

 

Contoh Soal :

Sebuah balok kayu yang massanya 70 kg akan diangkat dengan tuas. Jarak titik tumpu ke titik beban 0,25 meter, dan jarak titik tumpu ke titik kuasa 1,75 meter.  Berapakah:

  1. Gaya tekan yang harus dilakukan ?
  2. Keuntungan mekaniknya ?

Bila benda dicelupkan ke dalam zat cair, maka ada 3 kemungkinan yang terjadi yaitu tenggelam, melayang, dan terapung.

Benda Melayang

Benda melayang dalam zat cair apabila posisi benda di bawah permukaan zat cair dan di atas dasar tempat zat cair berada.

 

Hukum Archimedes Benda Melayang

Pada benda melayang terdapat dua gaya yaitu: Fa dan W. Dalam keadaan setimbang hubungan kedua gaya tersebut menghasilkan :

W = Fa
ρb . Vb . g = ρZC . Vb . g

ρb = ρzc

Contoh Soal :

Sepotong kayu yang volumenya 200 cm3 dan massanya 90 g diikat dengan kawat besi 10 cm3, kemudian dicelupkan ke dalam minyak tanah sehingga benda itu melayang di dalamnya. Massa jenis besi 7,8 g/cm3. Hitung massa jenis minyak tanah !

Elektromagnet adalah prinsip pembangkitan magnet dengan menggunakan arus listrik.

Keuntungan Elektromagnet

  • Kemagnetannya dapat di ubah-ubah dari mulai yang kecil sampai yang besar dengan cara mengubah salah satu atau ketiga dari Kuat arus listrik, Jumlah lilitan dan ukuran inti besi.
  • Sifat kemagnetannya mudah di timbulkan dan dihilangkan dengan cara memutus dan menghubungkan arus listrik menggunakan sakelar.
  • Dapat dibuat berbagai bentuk dan ukuran sesuai dengan kebutuhan yang dikehendaki.
  • Letak kutubnya dapat diubah-ubah dengan cara mengubah arah arus listrik.

Transmisi Jarak Jauh

Pusat pembangkit listrik biasanya terletak jauh dari pemukiman atau pelanggan. Sehingga listrik yang dihasilkan pusat pembangkit listrik perlu ditransmisikan dengan jarak yang cukup jauh. Energi listrik atau daya listrik yang hilang pada kawat transmisi jarak jauh dapat dihitung dengan persamaan energi dan daya listrik sebagai berikut:

\(P = I^{2}\times R\)

Transmisi energi listrik jarak jauh menggunakan tegangan tinggi akan mengurangi kerugian kehilangan energi listrik selama transmisi oleh disipasi.

Contoh Soal :

Dari sebuah pembangkit listrik ditransmisikan daya listrik 200 MW dengan tegangan transmisi 50 kV. Jika kawat transmisi yang digunakan 300 ohm, berapa kuat arus transmisi dan energi yang hilang tiap jam ?

 

BAB 6 - INDUKSI ELEKTROMAGNETIK ( Contoh Soal - Energi Hilang )

Transmisi Jarak Jauh

Pusat pembangkit listrik biasanya terletak jauh dari pemukiman atau pelanggan. Sehingga listrik yang dihasilkan pusat pembangkit listrik perlu ditransmisikan dengan jarak yang cukup jauh. Energi listrik atau daya listrik yang hilang pada kawat transmisi jarak jauh dapat dihitung dengan persamaan energi dan daya listrik sebagai berikut:

\(P = I^{2}\times R\)

Transmisi energi listrik jarak jauh menggunakan tegangan tinggi akan mengurangi kerugian kehilangan energi listrik selama transmisi oleh disipasi.

Contoh Soal :

Dari sebuah pembangkit listrik ditransmisikan daya listrik 200 MW dengan tegangan transmisi 50 kV. Jika kawat transmisi yang digunakan 300 ohm, berapa kuat arus transmisi dan energi yang hilang tiap jam ?

 

 

Head Office

Alamat lengkap kantor pusat kami

 Jl. Telaga Murni 1, Ruko Danau Sunter Mas No. D3 & D5, Sunter Jaya, Tanjung Priok - Jakarta Utara

 (021) 2265 2392/94 ext 100 WA 0878 8361 3000

 Fax. (021) 6531 3626

Our Testimonial

Apa kata mereka tentang seratus institute

seratusinstitute.com adalah suatu website yang sangat bermanfaat terutama buat kami para pelajar karena dapat belajar matematika, fisika, kimia dimanapun dan kapanpun. Juga karena terdapat video belajar yang dapat dilihat berulang-ulang sehingga kami dapat mengingat pelajaran dengan baik

Raisa Riupassa

Kelas 10 - SMA Santa Ursula, Bsd

Our Social Media

Gabung dan ikuti social media kami

TOP