Produk Kelas 7-8-9 SMP Revisi 2016

Berikut ini contoh video pelajaran Matematika Kelas 9 SMP

Detail Materi

Dalam ilmu fisika dikenal istilah Besaran” dan “Satuan“, kedua istilah dalam bidang fisika tersebut dapat diartikan sebagai berikut. Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur, mempunyai nilai yang dapat dinyatakan dengan angka dan memiliki satuan tertentu. Satuan adalah pernyataan yang menjelaskan arti dari suatu besaran.

Satuan baku adalah satuan yang telah diakui dan disepakati pemakaiannya secara internasional atau disebut dengan satuan internasional (SI).
Contoh: meter, kilogram, dan detik.
Sistem satuan internasional dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Sistem MKS (Meter Kilogram Sekon)
2. Sistem CGS (Centimeter Gram Second)

 

Contoh Soal :

Ubahlah menjadi satuan berikut !

  1. 3,2 Mm     = ……… km
  2. 2,5 m        = ……… μm
  3. 4.500 dm  = ……… hm

Massa jenis adalah pengukuran massa setiap satuan volume benda. Semakin tinggi massa jenis suatu benda, maka semakin besar pula massa setiap volumenya. Sebuah benda yang memiliki massa jenis lebih tinggi (misalnya besi) akan memiliki volume yang lebih rendah daripada benda bermassa sama yang memiliki massa jenis lebih rendah (misalnya air).

Satuan SI massa jenis adalah kilogram per meter kubik (kg·m−3)

Massa jenis berfungsi untuk menentukan zat. Setiap zat memiliki massa jenis yang berbeda. Dan satu zat berapapun massanya berapapun volumenya akan memiliki massa jenis yang sama.

Rumus untuk menentukan massa jenis adalah

\rho = \frac{m}{V}

dengan,

ρ adalah massa jenis,

m adalah massa,

V adalah volume.

Pada Edisi Revisi 2016 Bab Garis dan Sudut ini tidak jauh berbeda dengan bahasan yang di kurikulum 2013. Perbedaannya adalah pada Edisi 2016 Bab Garis dan Sudut Ditambahkan materi tentang melukis sudut.

Pada video berikut ini dibahas materi tentang garis-garis sejajar karena materi ini merupakan konsep dasar materi garis dan sudut dan juga soal yang sering keluar di Ujian Nasional.

Garis Sejajar adalah garis yg berdampingan dan tidak memiliki titik temu atau titik himpit karena selalu jalan bersejajar."

 

Keliling suatu bangun datar merupakan jumlah dari panjang sisi-sisi yang membatasinya, sehingga untuk menghitung keliling dari sebuah segitiga dapat ditentukan dengan menjumlahkan panjang dari setiap sisi segitiga tersebut.

Banyak sekali variasi soal mengenai luas dan keliling segitiga. Dalam video ini dijelaskan soal untuk mencari salah satu sisi jika diketahui kelilingnya.

Bangun ruang sisi lengkung adalah bangun ruang yang memiliki bagian berupa lengkungan (selimut atau permukaan bidang). Bangun sisi lengkung ada 3, yaitu tabung, kerucut, dan bola.

Dalam geometri, tabung atau silinder adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh dua buah lingkaran identik yang sejajar dan sebuah persegi panjang yang mengelilingi kedua lingkaran tersebut. Tabung memiliki 3 sisi dan 2 rusuk.

Kedua lingkaran disebut sebagai alas dan tutup tabung serta persegi panjang yang menyelimutinya disebut sebagai selimut tabung.

Pada edisi revisi 2016 terdapat perbedaan nama bab jika dibandingkan edisi 2013 yang bernama Statistika dan Peluang. Pada Bab ini lebih khusus membahas hanya penyajian data saja.

Pada video berikut ini dibahas penjelasan tentang diagram batang karena materi ini sering keluar di Ujian Nasional.

Diagram batang adalah bentuk penyajian data statistik dalam bentuk batang persegi panjang. Diagram batang memudahkan perbandingan antara kumpulan-kumpulan data yang berbeda. Diagram batang yang digambarkan secara tegak disebut diagram batang tegak dan yang digambarkan secara mendatar disebut diagram batang mendatar.
Beberapa hal yang harus Anda perhatikan sewaktu menggambar diagram batang adalah:
  1. lebar setiap batang harus sama;
  2. jarak antara batang-batang yang berdekatan harus sama;
  3. tinggi setiap batang harus sebanding dengan besar informasi yang ditampilkan;
  4. semua batang harus berdiri pada sumbu mendatar sama (untuk diagram batang tegak).

Ukuran pemusatan adalah sembarang ukuran yang menunjukkan pusat segugus data, yang telah diurutkan dari yang terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya dari yang terbesar sampai yang terkecil. Salah satu kegunaan dari ukuran pemusatan data adalah untuk membandingkan dua (populasi) atau contoh, karena sangat sulit untuk membandingkan masing-masing anggota dari masing-masing anggota populasi atau masing-masing anggota data contoh. Nilai ukuran pemusatan ini dibuat sedemikian sehingga cukup mewakili seluruh nilai pada data yang bersangkutan.

Ukuran pemusatan yang paling banyak digunakan adalah nilai tengah, median, dan modus. Masing-masing dari ukuran pemusatan data tersebut memiliki kekurangan. Nilai tengah akan sangat dipengaruh nilai pencilan.Median terlalu bervariasi untuk dijadikan parameter populasi. Sedangkan modus hanya dapat diterapkan dalam data dengan ukuran yang besar.

Rata-rata hitung atau arithmetic mean atau sering disebut dengan istilah mean saja merupakan metode yang paling banyak digunakan untuk menggambarkan ukuran tendensi sentral. Mean dihitung dengan menjumlahkan semua nilai data pengamatan kemudian dibagi dengan banyaknya data. Sampel statistik biasanya dilambangkan dengan huruf Inggris, ar{x}, sementara parameter-parameter populasi biasanya dilambangkan dengan huruf Yunani, misalnya μ.

Peluang atau kebolehjadian atau dikenal juga sebagai probabilitas adalah cara untuk mengungkapkan pengetahuan atau kepercayaan bahwa suatu kejadian akan berlaku atau telah terjadi. Konsep ini telah dirumuskan dengan lebih ketat dalam matematika, dan kemudian digunakan secara lebih luas dalam tidak hanya dalam matematika atau statistika, tapi juga keuangan, sains dan filsafat.

Peluang suatu kejadian yang diinginkan adalah perbandingan banyaknya titik sampel kejadian yang diinginkan itu dengan banyaknya anggota ruang sampel kejadian tersebut.

Peluang dapat diukur secara frekuensi relatif ketika percobaan dilakukan perulangan beberapa kali, seperti dalam contoh pelemparan koin yang dilakukan dalam beberapa kali perulangan. Karenanya, peluang suatu kejadian dapat diukur dari proporsi jumlah kemunculan suatu kejadian dimana percobaan diulang sebanyak jumlah tertentu. Peluang teoritik diperoleh berdasarkan pengalaman orang lain, sedangkan peluang empiris diperoleh berdasarkan percobaan sendiri.

Medan magnet adalah medan yang dihasilkan oleh muatan yang bergerak. Karena muatan yang bergerak menghasilkan arus sehingga interaksi magnetik dapat dianalogikan sebagai interaksi di antara dua arus. Medan ini selanjutnya mengerahkan suatu gaya pada muatan yang bergerak lainnya. Definisi sederhana medan magnet adalah ruang di sekitar suatu magnet yang mana magnet lain atau benda lain yang mudah dipengaruhi magnet akan mengalami gaya magnet.

Bidang miring adalah suatu permukaan datar yang memiliki suatu sudut, yang bukan sudut tegak lurus, terhadap permukaan horizontal.

Keterangan :

 F = Gaya

W = Berat beban

 s  = panjang bidang

 h  = tinggi bidang

Penerapan bidang miring dapat mengatasi hambatan besar dengan menerapkan gaya yang relatif lebih kecil melalui jarak yang lebih jauh, daripada jika beban tersebut diangkat vertikal.

 

Contoh Soal :

Seorang pekerja mendorong peti dengan gaya 200 N searah dengan bidang miring. Panjang bidang miring 3 m dan tinggi peti terhadap tanah adalah 0,5 m.

a) Hitung keuntungan mekanisnya?
b) Hitung berat peti?

Tekanan adalah besarnya gaya yang bekerja pada benda tiap satuan luas bidang tekan.

Persamaan tekanan dapat ditulis dalam bentuk :

\(P = { F \over A}\)

Keterangan:

P = tekanan (N/m2)

F = gaya tekan (N)

A = luas bidang tekan (m2)

 

Contoh Soal :

Ada benda yang beratnya 60 N terletak dilantai dengan luas bidang singgung 50 dm2. Berapa tekanan pada lantai ?

Head Office

Alamat lengkap kantor pusat kami

 Jl. Telaga Murni 1, Ruko Danau Sunter Mas No. D3 & D5, Sunter Jaya, Tanjung Priok - Jakarta Utara

 (021) 2265 2392/94 ext 100 WA 0878 8361 3000

 Fax. (021) 6531 3626

Our Testimonial

Apa kata mereka tentang seratus institute

seratusinstitute.com adalah suatu website yang sangat bermanfaat terutama buat kami para pelajar karena dapat belajar matematika, fisika, kimia dimanapun dan kapanpun. Juga karena terdapat video belajar yang dapat dilihat berulang-ulang sehingga kami dapat mengingat pelajaran dengan baik

Raisa Riupassa

Kelas 10 - SMA Santa Ursula, Bsd

Our Social Media

Gabung dan ikuti social media kami

TOP