Produk Persiapan UN SMA sesuai Kisi-kisi 2020

Berikut ini contoh video pelajaran Kimia Kelas 12 SMA

Detail Materi

Sifat  koligatif  larutan adalah  sifat  larutan  yang  tidak tergantung pada jenis zat terlarut tetapi semata-mata hanya ditentukan oleh banyaknya zat terlarut (konsentrasi zat terlarut).

Pendidihan terjadi karena panas meningkatkan gerakan atau  energi kinetik, dari molekul yang menyebabkan cairan berada pada titik di mana cairan itu menguap, tidak peduli berada di permukaan teratas atau di bagian terdalam cairan tersebut. Titik didih cairan berhubungan dengan tekanan uap. Bagaimana  hubungannya? Coba perhatikan penjelasan berikut ini.

Apabila sebuah larutan mempunyai tekanan uap yang tinggi  pada suhu tertentu, maka molekul-molekul yang berada dalam larutan tersebut mudah untuk melepaskan diri dari permukaan larutan. Atau dapat dikatakan pada suhu yang sama sebuah  larutan mempunyai tekanan uap yang rendah, maka molekul molekul dalam larutan tersebut tidak dapat dengan mudah melepaskan diri dari larutan. Jadi larutan dengan tekanan uap yang lebih tinggi pada suhu tertentu akan memiliki titik didih yang lebih rendah. Cairan akan mendidih ketika tekanan uapnya menjadi sama dengan tekanan udara luar. Titik didih cairan pada tekanan udara 760 mmHg disebut titik didih standar atau titik didih normal. Jadi yang dimaksud dengan titik didih adalah suhu pada saat tekanan uap jenuh cairan itu sama dengan tekanan udara luar (tekanan pada permukaan cairan).  

Penurunan titik beku pada konsepnya sama dengan kenaikan titik didih. Larutan mempunyai titik beku yang lebih rendah dibandingkan dengan pelarut murni.

 

Contoh Soal :

Suatu senyawa elekrolit terner sebanyak 5,55 gr dilarutkan dalam 200 gram air agar larutannya membeku pada suhu -1,3950C.

Tentukan Mr senyawa tersebut? (Kf = 1,86;  derajat ionisasi = 1).

 

Sel Galvani atau disebut juga dengan sel volta adalah sel elektrokimia yang dapat menyebabkan terjadinya energi listrik dari suatu reaksi redoks yang spontan. reaksi redoks spontan yang dapat mengakibatkan terjadinya energi listrik ini ditemukan oleh Luigi Galvani dan Alessandro Guiseppe Volta.

 

Contoh Soal :

Diketahui beberapa reaksi sebagai berikut :
 A. 2A + 3B2+ → 2A3+ + 3B               E= 0,38 v
 B. B + 2D+ → B2+ + 2D                    Eo  = 1,08 v
 C. 3C +2A3+ → 3C2+ + 2A                Eo  = -2,1 v
 Susunlah unsur A, B, C dan D berdasarkan Daya pereduksinya, dimulai dari pereduksi paling kuat.

 

PERIODE 4/UNSUR TRANSISI (Sc Ti V Cr Mn Fe Co Ni Cu Zn)

        

 

Sc              Sc              Ti                   V               Cr              Mn       Fe        Co          Ni        Cu         Zn

 

               (Skandium) (Titanium) (Vanadium) (Kromium) (Mangan) (Besi) (Kobalt) (Nikel) (Tembaga) (Seng)


Sifat Unsur Transisi:

  1. Mempunyai bilangan oksidasi lebih dari satu macam, meskipun ada  juga yang hanya mempunyai satu macam.
  2. Mempunyai kecenderungan yang kuat membentuk  ion kompleks
  3. Senyawanya ada yang bersifat paramagnetik, tetapi ada pula yang bersifat diamagnetik.
  4. Kebanyakan ion atau senyawanya berwarna. Hal ini disebabkan subkulit  d  hanya terisi sebagian elektron.
  5. Titik leleh dan titik didihnya pada umumnya sangat tinggi.
  6. Semua unsur transisi mempunyai sifat logam, seperti konduktor panas dan listrik yang baik
Notasi sigma adalah sebuah tanda yang digunakan untuk menuliskan penjumlahan secara singkat.
Contoh :
u_{1}+u_{2}+u_{3}+u_{4}=\sum_{i=1}^{4}u_{i}

Barisan adalah suatu susunan bilangan yang dibentuk menurut suatu urutan tertentu. Bilangan-bilangan yang tersusun tersebut disebut suku. Perubahan di antara suku-suku berurutan ditentukan oleh ketambahan bilangan tertentu atau suatu kelipatan bilangan tertentu.

Contoh :

1. (1, 2, 3, 4, 5, 6,...)

2. (1, 4, 9, 16, 25,...)

Deret adalah jumlah dari bilangan dalam suatu barisan.

Contoh :

1. 1 + 2 + 3 + 4 + 5 + 6 + ...

2. 1 + 4 + 9 + 16 + 25 + ...

 

Vektor adalah besaran yang memiliki besar dan arah. Aplikasi vektor terutama pada fisika banyak bermanfaat dalam kinematika maupun dinamika. Selain itu vektor juga dimanfaatkan dalam navigasi transportasi udara dan lain-lain 

Transformasi Geometri adalah bagian dari geometri yang membicarakan perubahan, baik perubahan letak maupun bentuk penyajiannya didasarkan dengan gambar dan matriks. Transformasi Geometri lebih sering disebut transformasi adalah mengubah setiap koordinat titik (titik-titik dari suatu bangun) menjadi koordinat lainnya pada bidang dengan satu aturan tertentu. Misalnya, transformasi T  terhadap titik P (x,y) menghasilkan bayangan P’ (x’, y’) operasi tersebut dapat ditulis sebagai :

P (x, y) → P’ (x’, y’)

 

Jenis-jenis Transformasi :

1. Translasi ( Pergeseran )

Translasi adalah Transformasi yang memindahkan setiap titik pada bidang menurut jarak dan arah tertentu

2. Refleksi ( Pencerminan )

Refleksi adalah suatu transformasi yang memindahkan tiap titik pada bidang dengan menggunakan sifat bayangan cermin dari titik-titik yang akan dipindahkan

3. Rotasi ( Perputaran )

Rotasi adalah transformasi yang memetakan setiap titik pada bidang ketitik lainnya dengan cara memutar pada pusat titik tertentu

4. Dilatasi ( Perbesaran/ Perkalian)

Dilatasi adalah transformasi yang mengubah ukuran atau skala suatu bangun geometri (pembesaran/pengecilan), tetapi tidak mengubah bentuk bangunan tersebut.

 

Untuk lebih jelasnya perhatikan soal berikut ini :

Tentukan bayangan titik A (-1, 2) oleh pencerminan terhadap sumbu x dilanjutkan terhadap garis y = x !

Persamaan dan Pertidaksamaan Eksponen dan Logaritma adalah salah satu cabang matematika yang aplikasinya cukup luas. Aplikasi dari Persamaan dan Pertidaksamaan Eksponen dan Logaritma ini antara lain:  pertumbuhan dan peluruhan, masalah waktu paruh, ledakan penduduk sampai matematika keuangan

Ada enam contoh rangkaian arus bolak - balik. Pertama akan dibahas rangkaian resistif. Kedua akan dibahas rangkaian induktif. Ketiga dibahas rangkaian kapasitif. Rangkaian keempat dibahas rangkaian R-L. Kelima dibahas rangkaian R-C. Dan keenam dibahas rangkaian R-L-C. Pada video ini dibahas contoh soal berkaitan dengan rangkaian kapasitif.

Contoh Soal

Sebuah sumber tegangan AC sebesar 220 V dihubungkan pada kapasitor

C = 2,0 mu 	extrm{F} 

Tentukan kuat arus yang melalui kapasitor jika frekuensi sumber itu adalah 50 Hz.

Konsekuensi transformasi Lorentz dalam penentuan kecepatan relativistik objek yang bergerak mendekati kecepatan cahaya diamati oleh pengamat dalam kerangka yang juga bergerak dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya adalah penggunaan konstanta Lorentz. Penurunan nilai percepatan relativistik pada semua kerangka acuan memenuhi Hukum Newton tentang Gerak. Berikut ini dibahas soal berkaitan dengan kecepatan relativistik.

Contoh Soal

Dua pesawat A dan B bergerak dalam arah berlawanan. Seorang pengamat di bumi mengukur kelajuan A adalah 0,7 c dan kelajuan B adalah 0,8 c. Tentukan kelajuan B relatif terhadap A !

Di musim kemarau (panas) sangat dianjurkan tidak mengenakan pakaian berwarna gelap. Kenapa? Karena pakaian (benda) berwarna gelap sangat mudah menyerap kalor. Sehingga kita akan mudah sekali terasa panas (gerah) apabila mengenakan pakaian berwarna gelap di siang hari. Untuk itu apabila hendak bepergian di bawah terik matahari siang hari pada musim kemarau (panas) sangat dianjurkan mengenakan pakaian berwarna cerah. Mengapa? Karena pakaian (benda) warna cerah (terang) lebih mudah memantulkan kalor dari pada menyerapnya.

Sebaliknya, apabila di malam hari atau musim dingin kita dianjurkan mengenakan pakaian berwarna gelap. Karena sifatnya yang mudah menyerap kalor, menjaga kita terasa hangat apabila mengenakan pakaian berwarna gelap di malam hari atau musim dingin. Kemampuan menyerap kalor suatu benda ini merupakan karakteristik suatu benda yang khas (unik) dan dipelajari di Fisika tentang radiasi. Benda berwarna gelap (hitam) memiliki sifat radiasi yang unik dan telah banyak fisikawan yang mencoba menguak keunikan tersebut.

Ada beberapa teori yang coba diusulkan oleh fisikawan untuk menjelaskan fenomena tentang radiasi benda hitam. Pertama, pendekatan teori klasik yang digagas oleh Stefan dan Boltzmann.

Pada video berikut ini dibahas 5 alat yang bisa digunakan untuk menyimpan data, yaitu pertama ada Compact Disk (CD), kedua ada pita magnetik, ketiga ada floppy disk (disket), keempat ada flash disk (FD) dan kelima ada memory card (MC).

Bermula dari kegagalan model atom Rutherford dalam menjelaskan dua hal yang paling mendasar pada atom. Pertama tentang kestabilan atom, jika e- bermuatan (-) dan inti bermuatan (+) harusnya saling tarik-menarik sesuai dengan Hukum Coulomb. Kedua tentang spektrum garis atom Hidrogen jika lintasan e- mengecil maka frekuensi gelombang yang dipancarkan harusnya bermacam - macam dan berupa spektrum kontinu.

Kemudian pada tahun 1913 Niels Bohr mencoba mendeskripsikan model atom yang lebih nyata. Bohr mengemukakan tiga gagasan. Pertama, elektron tidak dapat berputar di sekitar inti melalui tiap orbit tapi hanya orbit tertentu (tanpa membebaskan energi). Kedua, orbit yang boleh ditempati e- adalah orbit yang momentum sudutnya kelipatan dari ℏ = h/2π. Berikut ini dibahas soal berkaitan dengan model atom Bohr.

Contoh Soal

Gambarkan atom berikut dalam model Bohr dan sub kulit
a.  7Li3
b.  4He2+

Agar terjadi suatu reaksi inti harus memenuhi empat syarat minimal. Pertama, memenuhi  Hukum Kekekalan Momentum yaitu total momentum sebelum reaksi harus sama dengan total momentum sesudah reaksi. Kedua, memenuhi  Hukum Kekekalan Energi yaitu total energi sebelum reaksi harus sama dengan total energi sesudah reaksi. Dengan demikian, jika kedua syarat ini terpenuhi maka otomatis pada reaksi inti tumbukan yang terjadi merupakan jenis tumbukan elastik sempurna. Ketiga, memenuhi kekekalan nomor atom artinya jumlah proton sebelum reaksi harus sama dengan jumlah proton sesudah reaksi atau jumlah elektron sebelum reaksi harus sama dengan jumlah elektron sesudah reaksi. Keempat, memenuhi kekekalan nomor atom artinya jumlah nukleon sebelum reaksi harus sama dengan jumlah nukleon sesudah reaksi atau jumlah (proton + neutron) sebelum reaksi harus sama dengan jumlah (proton + neutron) sesudah reaksi. Berikut ini dibahas soal berkaitan dengan reaksi inti.

Contoh Soal

Lengkapi persamaan inti berikut ini :

3H13He2 + . . .

Pada video ini dibahas dua hal yaitu Energi Terbarukan dan Tak Terbarukan. Contoh sumber energi terbarukan antara lain panas bumi, matahari, angin, air, laut dan biomassa. Sementara contoh sumber energi terbarukan antara lain batu bara, minyak bumi, gas alam dan nuklir.

Sobat100 untuk pelajaran Fisika pada UN tahun 2019 kali ini ada beberapa perubahan pada lingkup materi dari kisi-kisi UN 2017/2018. Pada tahun lalu lingkup materi ada 6, untuk tahun ini hanya ada 4 lingkup materi, yaitu : Mekanika, Gelombang dan Optik, Temodinamika, Listrik, magnet dan Fisika modern.

Selain pada lingkup materi yang berubah, kisi-kisi tahun 2018/2019 ada perubahan pada beberapa topik. Seperti Gerak planet dan satelit, Hukum kekekalan energi mekanik, momentum sudut, gaya dan gelombang, induksi Faraday

 

Jika dilihat kisi-kisi USBN Fisika KTSP 2006 ini tidak jauh berbeda dengan kisi-kisi UN. Yang perlu sobat100 perhatikan adalah pada kisi-kisi USBN Fisika KTSP 2006 ini ada Mekanika, Termodinamika yang pada tahun sebelumnya tidak ada pada tahun 2019 dimunculkan sama seperti kisi-kisi UN 2019.

Jika dilihat kisi-kisi USBN Fisika Kurikulum 2013 ini tidak jauh berbeda dengan kisi-kisi UN. Yang perlu sobat100 perhatikan adalah pada kisi-kisi USBN Fisika Kurikulum 2013 hampir sama dengan kisi-kisi USBN Fisika Kurikulum 2006.

 

Berikut soal UN Fisika SMA tahun 2018

 

 

Pada saat melakukan praktikum pengukuran dengan menggunakan jangka sorong, seorang siswa mengukur dimensi balok tinggi, panjang dan lebar dengan hasil pengukuran sebagai berikut :

 

 

Volume balok tersebut sesuai kaidah angka penting adalah . . . cm3

Sobat100 untuk pelajaran Fisika pada UN tahun 2019 kali ini ada beberapa perubahan pada lingkup materi dari kisi-kisi UN 2017/2018. Pada tahun lalu lingkup materi ada 6, untuk tahun ini hanya ada 4 lingkup materi, yaitu : Mekanika, Gelombang dan Optik, Temodinamika, Listrik, magnet dan Fisika modern.

Selain pada lingkup materi yang berubah, kisi-kisi tahun 2018/2019 ada perubahan pada beberapa topik. Seperti Gerak planet dan satelit, Hukum kekekalan energi mekanik, momentum sudut, gaya dan gelombang, induksi Faraday

 

Jika dilihat kisi-kisi USBN Fisika KTSP 2006 ini tidak jauh berbeda dengan kisi-kisi UN. Yang perlu sobat100 perhatikan adalah pada kisi-kisi USBN Fisika KTSP 2006 ini ada Mekanika, Termodinamika yang pada tahun sebelumnya tidak ada pada tahun 2019 dimunculkan sama seperti kisi-kisi UN 2019.

Jika dilihat kisi-kisi USBN Fisika Kurikulum 2013 ini tidak jauh berbeda dengan kisi-kisi UN. Yang perlu sobat100 perhatikan adalah pada kisi-kisi USBN Fisika Kurikulum 2013 hampir sama dengan kisi-kisi USBN Fisika Kurikulum 2006.

 

Berikut soal UN Fisika SMA tahun 2018

Sebuah benda bergerak dari E menuju F dan berakhir di G. Gambar di bawah ini, yang menunjukkan perpindahan sebesar 10 satuan adalah . . .

Sobat100 untuk pelajaran Fisika pada UN tahun 2019 kali ini ada beberapa perubahan pada lingkup materi dari kisi-kisi UN 2017/2018. Pada tahun lalu lingkup materi ada 6, untuk tahun ini hanya ada 4 lingkup materi, yaitu : Mekanika, Gelombang dan Optik, Temodinamika, Listrik, magnet dan Fisika modern.

Selain pada lingkup materi yang berubah, kisi-kisi tahun 2018/2019 ada perubahan pada beberapa topik. Seperti Gerak planet dan satelit, Hukum kekekalan energi mekanik, momentum sudut, gaya dan gelombang, induksi Faraday

 

Jika dilihat kisi-kisi USBN Fisika KTSP 2006 ini tidak jauh berbeda dengan kisi-kisi UN. Yang perlu sobat100 perhatikan adalah pada kisi-kisi USBN Fisika KTSP 2006 ini ada Mekanika, Termodinamika yang pada tahun sebelumnya tidak ada pada tahun 2019 dimunculkan sama seperti kisi-kisi UN 2019.

Jika dilihat kisi-kisi USBN Fisika Kurikulum 2013 ini tidak jauh berbeda dengan kisi-kisi UN. Yang perlu sobat100 perhatikan adalah pada kisi-kisi USBN Fisika Kurikulum 2013 hampir sama dengan kisi-kisi USBN Fisika Kurikulum 2006.

 

Berikut soal UN Fisika SMA tahun 2018

Sebuah mobil balap A sedang mengejar mobil balap B dengan kelajuan konstan 60 m/s. Mobil balap A tertinggal dari mobil balap B sejauh 600 m di lintasan lurus. Ketika itu mobil balap B melaju dengan kelajuan konstan 30 m/s. Maka waktu yang dibutuhkan untuk menyusul mobil balap B adalah . . . s

ingat kisi-kisi untuk USBN IPA sesuai KTSP tahun 2019

Berikut soal dari tahun 2018

 

Perhatikan grafik di bawah ini

Titik potong dengan sumbu x adalah . . .

ingat kisi-kisi untuk USBN IPS sesuai KTSP untuk tahun 2019

 

 

Berikut soal dari tahun 2018

Seorang petani memiliki lahan pertanian seluas 8 hektar. Ia akan menanami lahan tersebut dengan tanaman padi dan jagung. Dari satu hektar tanaman padi dapat dipanen 3 ton padi, sedangkan dari satu hektar tanaman jagung dapat dipanen 4 ton jagung. Petani itu ingin memperoleh hasil panen tidak kurang dari 30 ton. Jika biaya menanam 1 hektar tanaman padi adalah Rp 500.000,00 dan biaya menanam satu hektar tanaman jagung adalah Rp 600.000, maka biaya minimum yang harus dikeluarkan petani  adalah . . .

ingat kisi-kisi untuk USBN Matematika Minat sesuai Kurikulum 2013 untuk tahun 2019    

 

 

Berikut soal dari tahun 2018

 Perhatikan diagram berikut

 Sistem pertidaksamaan linear yang sesuai dengan daerah penyelesaian yang diarsir adalah . . .

ingat kisi-kisi untuk USBN Matematika Umum sesuai Kurikulum 2013 untuk tahun 2019        

 

 

Berikut soal dari tahun 2018

Fungsi  \(\frac{2}{3}\ x^3-\frac{7}{2}\ x^2-4x+5\)  turun pada interval . . .

Head Office

Alamat lengkap kantor pusat kami

 Jl. Telaga Murni 1, Ruko Danau Sunter Mas No. D3 & D5, Sunter Jaya, Tanjung Priok - Jakarta Utara

 (021) 2265 2392/94 ext 100 WA 0878 8361 3000

 Fax. (021) 6531 3626

Our Testimonial

Apa kata mereka tentang seratus institute

seratusinstitute.com adalah suatu website yang sangat bermanfaat terutama buat kami para pelajar karena dapat belajar matematika, fisika, kimia dimanapun dan kapanpun. Juga karena terdapat video belajar yang dapat dilihat berulang-ulang sehingga kami dapat mengingat pelajaran dengan baik

Raisa Riupassa

Kelas 10 - SMA Santa Ursula, Bsd

Our Social Media

Gabung dan ikuti social media kami

TOP