Produk Fisika Kelas 12 SMA

Berikut ini contoh video pelajaran Fisika Kelas 12 SMA

Detail Materi

Efek Doppler berkaitan pengaruh gerak sumber dan / atau pengamat, nilai frekuensi yang diamati oleh seorang pengamat bisa lebih tinggi atau rendah. Berikut ini dibahas soal berkaitan dengan Efek Doppler.

 

Contoh Soal

Sebuah ambulans dengan frekuensi sebesar 1026 Hz bergerak mendekati Billy dengan kecepatan 34 m/s. Cepat rambat bunyi 340 m/s. Jika Billy bergerak menjauhi ambulans dengan kecepatan 17 m/s mengendarai sepeda, kira-kira berapa ya frekuensi bunyi yang didengar oleh Billy?

Gelombang elektromagnetik terbentuk dari dua gelombang yang saling tegak lurus arah getarnya. Dua gelombang itu salah satunya merupakan bagian listrik dan yang lain bagian magnet.

Energi listrik banyak sekali manfaatnya bagi kehidupan kita. Salah satu contohnya listrik digunakan untuk memanaskan air. Berikut ini dibahas contoh soal menentukan suhu air yang dipanaskan oleh elemen pemanas.

Contoh Soal

Elemen pemanas dengan hambatan 400 Ohm dialiri listrik 5 Ampere selama 20 menit.  Jika elemen pemanas itu tercelup dalam 40 kg air bersuhu 15 oC. Tentukan suhu air setelah arus diputuskan?  (kalor jenis air = 4200 J/kg oC).

Listrik statis ada di sekitar kita. Pernahkah ibu teman-teman sobat100 mengusapi sobat100 dengan rambutnya saat sobat100 terjatuh? Pernahkah sobat100 bertanya mengapa hal demikian perlu dilakukan? Perlu diketahui benda yang diusap (digosok) dengan rambut akan mengubah nilai muatan yang terkandung. Gosokan dari rambut memungkinkan elektron dari rambut berpindah ke benda yang digosok, sehingga benda yang digosok menjadi lebih bermuatan negatif. Apa fungsinya? Apabila kepala kita terbentur sesuatu kemudian digosok-gosok dengan rambut maka bagian kepala kita akan bermuatan lebih negatif dibanding bagian yang lain. Hal ini memungkinkan adanya aliran ion positif (contoh : ion K+ dan Na+ yang ada dalam tubuh) ke bagian kepala kita untuk menetralisir rasa sakit akibat terbentur tadi. Ingat ion bermuatan positif akan bergerak dari potensial yang lebih tinggi ke potensial yang lebih rendah (seperti arus konvensional dalam rangkaian listrik).

Jika ada suatu kapasitor dihubungkan dengan sumber tegangan maka lama - lama kapasitor tersebut menyimpan muatan.  Berikut ini dibahas contoh soal berkaitan energi kapasitor karena pengaruh baterai.

 

Contoh Soal

Sebuah kapasitor keping sejajar dimuati dengan menghubungkannya ke kutub-kutub sebuah baterai. Jarak antar keping kemudian diperbesar menjadi dua kali semula. Berapa kalikah energi kapasitor sekarang dibandingkan energinya mula-mula jika :
a.  baterai tetap terhubung.
b.  baterai dilepaskan

Medan magnet adalah medan yang dihasilkan oleh muatan yang bergerak. Karena muatan yang bergerak menghasilkan arus sehingga interaksi magnetik dapat dianalogikan sebagai interaksi di antara dua arus. Medan ini selanjutnya mengerahkan suatu gaya pada muatan yang bergerak lainnya. Definisi sederhana medan magnet adalah ruang di sekitar suatu magnet yang mana magnet lain atau benda lain yang mudah dipengaruhi magnet akan mengalami gaya magnet.

Ada tiga faktor yang mempengaruhi perubahan fluks magnetik. Pertama adalah perubahan luas contohnya suatu batang yang digerakkan memotong daerah yang ditembus oleh medan magnet. Kedua adalah perubahan sudut, contohnya transformator. Ketiga adalah perubahan sudut, contohnya generator Ac dan generator DC.

Ada enam contoh rangkaian arus bolak - balik. Pertama akan dibahas rangkaian resistif. Kedua akan dibahas rangkaian induktif. Ketiga dibahas rangkaian kapasitif. Rangkaian keempat dibahas rangkaian R-L. Kelima dibahas rangkaian R-C. Dan keenam dibahas rangkaian R-L-C. Pada video ini dibahas contoh soal berkaitan dengan rangkaian kapasitif.

Contoh Soal

Sebuah sumber tegangan AC sebesar 220 V dihubungkan pada kapasitor

C = 2,0 mu 	extrm{F} 

Tentukan kuat arus yang melalui kapasitor jika frekuensi sumber itu adalah 50 Hz.

Konsekuensi transformasi Lorentz dalam penentuan kecepatan relativistik objek yang bergerak mendekati kecepatan cahaya diamati oleh pengamat dalam kerangka yang juga bergerak dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya adalah penggunaan konstanta Lorentz. Penurunan nilai percepatan relativistik pada semua kerangka acuan memenuhi Hukum Newton tentang Gerak. Berikut ini dibahas soal berkaitan dengan kecepatan relativistik.

Contoh Soal

Dua pesawat A dan B bergerak dalam arah berlawanan. Seorang pengamat di bumi mengukur kelajuan A adalah 0,7 c dan kelajuan B adalah 0,8 c. Tentukan kelajuan B relatif terhadap A !

Di musim kemarau (panas) sangat dianjurkan tidak mengenakan pakaian berwarna gelap. Kenapa? Karena pakaian (benda) berwarna gelap sangat mudah menyerap kalor. Sehingga kita akan mudah sekali terasa panas (gerah) apabila mengenakan pakaian berwarna gelap di siang hari. Untuk itu apabila hendak bepergian di bawah terik matahari siang hari pada musim kemarau (panas) sangat dianjurkan mengenakan pakaian berwarna cerah. Mengapa? Karena pakaian (benda) warna cerah (terang) lebih mudah memantulkan kalor dari pada menyerapnya.

Sebaliknya, apabila di malam hari atau musim dingin kita dianjurkan mengenakan pakaian berwarna gelap. Karena sifatnya yang mudah menyerap kalor, menjaga kita terasa hangat apabila mengenakan pakaian berwarna gelap di malam hari atau musim dingin. Kemampuan menyerap kalor suatu benda ini merupakan karakteristik suatu benda yang khas (unik) dan dipelajari di Fisika tentang radiasi. Benda berwarna gelap (hitam) memiliki sifat radiasi yang unik dan telah banyak fisikawan yang mencoba menguak keunikan tersebut.

Ada beberapa teori yang coba diusulkan oleh fisikawan untuk menjelaskan fenomena tentang radiasi benda hitam. Pertama, pendekatan teori klasik yang digagas oleh Stefan dan Boltzmann.

Pada video berikut ini dibahas 5 alat yang bisa digunakan untuk menyimpan data, yaitu pertama ada Compact Disk (CD), kedua ada pita magnetik, ketiga ada floppy disk (disket), keempat ada flash disk (FD) dan kelima ada memory card (MC).

Bermula dari kegagalan model atom Rutherford dalam menjelaskan dua hal yang paling mendasar pada atom. Pertama tentang kestabilan atom, jika e- bermuatan (-) dan inti bermuatan (+) harusnya saling tarik-menarik sesuai dengan Hukum Coulomb. Kedua tentang spektrum garis atom Hidrogen jika lintasan e- mengecil maka frekuensi gelombang yang dipancarkan harusnya bermacam - macam dan berupa spektrum kontinu.

Kemudian pada tahun 1913 Niels Bohr mencoba mendeskripsikan model atom yang lebih nyata. Bohr mengemukakan tiga gagasan. Pertama, elektron tidak dapat berputar di sekitar inti melalui tiap orbit tapi hanya orbit tertentu (tanpa membebaskan energi). Kedua, orbit yang boleh ditempati e- adalah orbit yang momentum sudutnya kelipatan dari ℏ = h/2π. Berikut ini dibahas soal berkaitan dengan model atom Bohr.

Contoh Soal

Gambarkan atom berikut dalam model Bohr dan sub kulit
a.  7Li3
b.  4He2+

Agar terjadi suatu reaksi inti harus memenuhi empat syarat minimal. Pertama, memenuhi  Hukum Kekekalan Momentum yaitu total momentum sebelum reaksi harus sama dengan total momentum sesudah reaksi. Kedua, memenuhi  Hukum Kekekalan Energi yaitu total energi sebelum reaksi harus sama dengan total energi sesudah reaksi. Dengan demikian, jika kedua syarat ini terpenuhi maka otomatis pada reaksi inti tumbukan yang terjadi merupakan jenis tumbukan elastik sempurna. Ketiga, memenuhi kekekalan nomor atom artinya jumlah proton sebelum reaksi harus sama dengan jumlah proton sesudah reaksi atau jumlah elektron sebelum reaksi harus sama dengan jumlah elektron sesudah reaksi. Keempat, memenuhi kekekalan nomor atom artinya jumlah nukleon sebelum reaksi harus sama dengan jumlah nukleon sesudah reaksi atau jumlah (proton + neutron) sebelum reaksi harus sama dengan jumlah (proton + neutron) sesudah reaksi. Berikut ini dibahas soal berkaitan dengan reaksi inti.

Contoh Soal

Lengkapi persamaan inti berikut ini :

3H13He2 + . . .

Pada video ini dibahas dua hal yaitu Energi Terbarukan dan Tak Terbarukan. Contoh sumber energi terbarukan antara lain panas bumi, matahari, angin, air, laut dan biomassa. Sementara contoh sumber energi terbarukan antara lain batu bara, minyak bumi, gas alam dan nuklir.

Head Office

Alamat lengkap kantor pusat kami

 Jl. Telaga Murni 1, Ruko Danau Sunter Mas No. D3 & D5, Sunter Jaya, Tanjung Priok - Jakarta Utara

 (021) 2265 2392/94 ext 100 WA 0878 8361 3000

 Fax. (021) 6531 3626

Our Testimonial

Apa kata mereka tentang seratus institute

seratusinstitute.com adalah suatu website yang sangat bermanfaat terutama buat kami para pelajar karena dapat belajar matematika, fisika, kimia dimanapun dan kapanpun. Juga karena terdapat video belajar yang dapat dilihat berulang-ulang sehingga kami dapat mengingat pelajaran dengan baik

Raisa Riupassa

Kelas 10 - SMA Santa Ursula, Bsd

Our Social Media

Gabung dan ikuti social media kami

TOP