Produk Fisika Kelas 7 SMP

Berikut ini contoh video pelajaran Fisika Kelas 7 SMP

Detail Materi

Neraca adalah suatu alat untuk mengukur massa benda. Massa adalah banyaknya zat yang terkandung di dalam suatu benda. Satuan SI-nya adalah kilogram (kg). Untuk mengukur massa benda dapat digunakan neraca atau timbangan.
 

Contoh Soal :

Hitunglah hasil pengukuran dari neraca tiga lengan berikut ini!

Unsur didefinisikan sebagai zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat-zat lain yang lebih sederhana dengan reaksi kimia biasa. Sedangkan senyawa adalah zat-zat yang tersusun atas dua unsur atau lebih yang bergabung secara kimia dengan perbandingan massa tertentu.

Lambang unsur yang sekarang digunakan adalah seperti yang diusulkan oleh Jons Jacob Berzelius pada tahun 1813. Cara penulisan unsur tersebut dengan ketentuan diambil huruf pertama dari nama unsur dan ditulis dengan huruf kapital. Apabila ada dua unsur yang huruf depannya sama, maka unsur yang lain tadi selain memakai huruf pertama yang ditulis dengan huruf kapital diikuti salah satu huruf kecil yang terdapat dalam nama unsurnya.

Pada rumus kimia suatu senyawa tercantum lambang atom unsur-unsur yang membentuk senyawa itu, dan tiap lambang unsur diikuti oleh suatu angka yang menunjukkan jumlah atom unsur tersebut di dalam satu molekul senyawa.

 

Contoh Soal :

Sebutkan unsur-unsur dari senyawa berikut dan jumlah atom tiap unsurnya !

a. HClO3

b. Ba(OH)2

c. Al2O3

 

Asam  adalah senyawa kimia yang bila dilarutkan dalam air akan menghasilkan larutan dengan pH lebih kecil dari 7. Dalam definisi lain, asam adalah suatu zat yang dapat memberi proton (ion H+) kepada zat lain (yang disebut basa), atau dapat menerima pasangan elektron bebas dari suatu basa.

Asam memiliki sifat-sifat berikut:

  • Mempunyai rasa asam dan bersifat korosif.
  • Dapat mengubah warna kertas lakmus biru menjadi warna merah.
  • Dapat menghantarkan arus listrik (untuk asam kuat).
  • Bereaksi dengan logam (untuk asam kuat).

Menurut asalnya, asam dapat dibedakan atas dua yaitu asam organik dan asam anorganik.

 

Contoh Soal :

Sebutkan beberapa jenis asam organik dan asam mineral !

Energi kinetik adalah energi gerak. Dapat juga disebut sebagai energi dalam gerakan, atau energi yang berhubungan dengan pergerakan suatu benda. Secara matematis energi kinetik dituliskan sebagai berikut :

\(Ek = \frac{1}{2}\, m\, v^{2}\)

 

Contoh Soal :

Suatu rangkaian gerbong kereta api memiliki massa 8 ton. Bila energi kinetiknya 1,6 MJ, berapakah kecepatan kereta api saat itu ?

Suhu adalah besaran fisika yang menyatakan derajat panas suatu zat. Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Pada termometer, zat yang paling banyak digunakan adalah alkohol dan raksa.Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu.

a. Skala Celcius (°C )

Skala celcius dikembangkan oleh ahli astronomi Swedia Anders Celcius (1701-1744) pada tahun 1742, mengusulkan suatu skala sebagai patokan untuk mengukur suhu. Skala celcius memiliki seratus derajat panas yang terbagi rata antara suhu air membeku dan suhu air mendidih.

b. Termometer Reamur (°R )

Titik tetap bawah diberi angka 0 dan titik tetap atas diberi angka 80. Di antara titik tetap bawah dan titik tetap atas dibagi menjadi 80 skala.

c. Termometer Fahrenheit (°F )

Titik tetap bawah diberi angka 32 dan titik tetap atas diberi angka 212. Suhu es yang dicampur dengan garam ditetapkan sebagai 0ºF. Di antara titik tetap bawah dan titik tetap atas dibagi 180 skala.

d. Termometer Kelvin ( K )

Pada termometer Kelvin, titik terbawah diberi angka nol. Titik ini disebut suhu mutlak, yaitu suhu terkecil yang dimiliki benda ketika energi total partikel benda tersebut nol. Kelvin menetapkan suhu es melebur dengan angka 273 dan suhu air mendidih dengan angka 373. Rentang titik tetap bawah dan titik tetap atas termometer Kelvin dibagi menjadi 100 skala.

Contoh Soal :

Jika termometer Reamur menunjukkan  skala 40oR, Berapakah nilai suhu yang ditunjukkan  dalam skala Celcius ?

Kalor lebur adalah banyaknya kalor yang diperlukan untuk mengubah satu satuan massa zat padat menjadi zat cair pada titik leburnya. Secara matematis dapat dituliskan menjadi :

\(Q=m\times L_{es}\)

Contoh soal :

Berapa kalor yang diperlukan untuk mengubah 100 g es 00C menjadi air 00C  ?

BAB 6 - KALOR ( Contoh Soal - Kalor jenis )

Kalor lebur adalah banyaknya kalor yang diperlukan untuk mengubah satu satuan massa zat padat menjadi zat cair pada titik leburnya. Secara matematis dapat dituliskan menjadi :

\(Q=m\times L_{es}\)

Contoh soal :

Berapa kalor yang diperlukan untuk mengubah 100 g es 00C menjadi air 00C  ?

 

Head Office

Alamat lengkap kantor pusat kami

 Jl. Telaga Murni 1, Ruko Danau Sunter Mas No. D3 & D5, Sunter Jaya, Tanjung Priok - Jakarta Utara

 (021) 2265 2392/94 ext 100 WA 0878 8361 3000

 Fax. (021) 6531 3626

Our Testimonial

Apa kata mereka tentang seratus institute

seratusinstitute.com adalah suatu website yang sangat bermanfaat terutama buat kami para pelajar karena dapat belajar matematika, fisika, kimia dimanapun dan kapanpun. Juga karena terdapat video belajar yang dapat dilihat berulang-ulang sehingga kami dapat mengingat pelajaran dengan baik

Raisa Riupassa

Kelas 10 - SMA Santa Ursula, Bsd

Our Social Media

Gabung dan ikuti social media kami

TOP